≡ Menu

TAMPIL LEBIH CERAH & CANTIK DENGAN KOSMETIK PERAWATAN

Pendahuluan

cerah-dan-cantikNegara kita terdiri dari ribuan pulau yang dikelilingi oleh lautan dan terbentang disepanjang khatulistiwa. Mempunyai iklim tropis dan mempunyai dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Matahari bersinar sepanjang tahun sehingga paparan sinar matahari relatif lebih banyak dibanding dengan daerah lain yang jauh diluar lintasan khatuistiwa.

Kulit adalah bagian tubuh paling luar sehingga merupakan organ tubuh yang relatif lebih banyak mendapatkan pengaruh terhadap paparan sinar matahari. Sinar matahari adalah gelombang elektro magnetic dipancarkan kebumi, kendati telah melalui berbagai filter (lapisan ozon, awan dan lain lain) namun pengaruh negatifnya perlu diwaspadai.
Suhu lingkungan dan kelembaban udara yang cukup tinggi akan mempengaruhi kondisi kulit dan aktifitas kelenjar keringat dan kelenjar lemak sehingga kulit mudah kotor.

Dengan demikian diperlukan cara perawatan dan penggunaan jenis kosmetika yang sesuai dan aman.

Pengaruh lingkungan tropis pada kulit

Didaerah beriklim tropis dan dikelilingi oleh lautan seperti negara kita ini, umumnya memiliki suhu lingkungan dan kelembaban cukup tinggi, keadaan ini akan berpengaruh ke kulit misalnya :

  1. Kulit mudah berkeringat dan berlemak sehingga mudah kotor cenderung berjerawat, sering timbul infeksi bakteri, jamur dan parasit.
  2. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan pengaruh negatif misalnya : terbakar matahari, pigmentasi, penuaan dan kanker kulit
  3. Bahan bahan kosmetik tertentu seperti pewarna dan pewangi pada orang berkulit sensitive dengan pengaruh sinar matahari dapat menimbulkan reaksi sensitisasi pada kulit

Jenis kulit

Jenis kulit dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu :

  1. Kulit normal
  2. Kulit kering
  3. Kulit berminyak
  4. Kulit kombinasi

Apapun jenis kulit anda, tetap harus dilakukan perawatan terhadapnya agar kulit tetap sehat dan ceria.

Perawatan kulit

Tujuan perawatan kulit adalah untuk memelihara kesehatan agar tetap sehat dan cantik.
Ada 2 jenis cara perawatan kulit, yaitu :

  1. Perawatan pencegahan
  2. Perawatan perbaikan

1. Perawatan pencegahan

Perawatan kulit pecegahan sebaiknya menggunanan kosmetika yang dapat berfungsi memelihara kesehatan kulit, mempertahankan kondisi kulit agar tetap baik dengan mencegah timbulnya kelainan yang diakibatkan oleh pengaruh lingkungan.

Perawatan yang dimaksud antara lain :

  • Pembersihan (cleansing)
  • Perlindungan dan pelembaban (protecting dan moisturizing)
  • Penipisan (thinning)

Pembersihan (cleansing)

Pembersihan ini merupakan tahap pertama pada setiap tindakan perawatan menggunakan segala macam kosmetika, tujuan pembersihan adalah menghilangkan kotoran dan sel sel mati pada kulit. Pembersihan ini bukanlah berarti membersihkan seluruh zat yang ada, karena masih ada zat yang masih diperlukan oleh kulit misalnya lapisan lemak kulit dan beberapa bakteri yang masih diperlukan untuk pertahanan fungsi kulit.

Termasuk bahan pembersihan ini adalah :
Sabun, krim pembersih, susu pembersih, penyegar kulit yang mengandung alcohol.
Sabun adalah pembersih yang paling sering digunakan. Sabun yang baik adalah memiliki daya penyabunan yang baik namun tidak merusak kulit. Sabun yang memiliki pH telalu tinggi cenderung membuat kulit menjadi kering dan menghilangkan mantel asam kulit yang penting untuk pertahanan kulit. Saat ini telah banyak ditemukan sabun dengan pH sama dengan pH kulit (pH balance) yang dikenal dengan nama synthetic detergent (syndet) atau cleanser bar. Keuntungan menggunakan syndet adalah jarang menimbulkan iritasi dan tidak mengendapkan ion Calcium atau Magnesium yang dapat menutup pori pori kulit.

Krim pembersih dan susu pembersih digunakan untuk menghapus make up karena bahan riasan/make up umumnya terbuat dari bahan yang mengandung minyak sehingga menempel dikulit dan sukar larut dengan sabun. Krim pembersih merupakan emulsi air dan minyak sehingga mudah melarutkan make up atau kotoran lain yang mengandung minyak. Setelah menggunakan krim pembersih tentunya masih ada sisa minyak yang tertinggal. Untuk menghilangkannya digunakan pembersih yang mengandung alkohol misalnya skin freshener, skin toning, astringent lotion dll.

Perlindungan dan pelembaban (protecting dan moisturizing)

Pengaruh lingkungan fisik maupun kimiawi pada kulit misalnya tekanan, panas, dingin, kelembaban, polusi, bahan kimia dan jasad renik (bakteri, jamur dll) yang selalu ada disekitar kita perlu kita waspadai.
Radiasi sinar matahari dengan sinar ultra violetnya merupakan pengaruh lingkungan yang paling dominan dan perlu mendapat perhatian mengingat beberapa efek samping yang ditimbulkannya.

Tujuan perlindungan adalah melindungi kulit terhadap pengaruh lingkungan misalnya

  • Sinar matahari : terbakar surya, pigmerltasi, penebalan kulit, penuaan dini serta kanker kulit
  • Kotoran dan polusi.

Bahan pelindung sinar matahari dapat digunakan topi, payung dan pakaian. Sedang kosmetika sebagai pelindung adalah tabir surya atau sun screen atau sun block .

  • Pelembab :
    Maksud dari pelembaban kulit adalah agar kandungan air di kulit tidak cepat menguap sehingga mencegah timbulnya kekeringan kulit. Bahan kosmetika yang digunakan sebagai pelembab sering dikenal sebagai mousturiser yaitu melapisi kulit dengan lapisan lemak yang dipermukaan kulit.

Pelembaban kulit terutama digunakan untuk kulit kering, kulit yang menunjukkan tanda tanda penuaan dini, sedang berada didaerah dingin atau berada didaerah/ negara dengan tingkat kelembaban udara yang rendah (misalnya di Arab Saudi).

Penipisan (thinning)

Tujuan dari penipisan kulit adalah menghilangkan lapisan sel sel kulit yang mati dan kotoran lain yang menempel di kulit. Penipisan kulit dengan cara :

  • Secara mekanik/ fisik misalnya dengan spons, handuk kasar, scrub cream atau dengan sikat /batu apung (untuk tumit)
  • Secara kimiawi dengan menggunakan bahan /obat-obatan yang mengandung vitamin A asam, Asam alfa hidroksi, penggunaan ini sebaiknya dibawah pengawasan dokter mengingat adanya efek samping yang sering timbul.

2. Perawatan perbaikan

Perawatan ini biasanya dilakukan oleh dokter ahli misalnya adanya kelainan pada kulit sehingga perlu tindakan khusus.

Perawatan kulit dengan kosmetika
Penggunaan kosmetika pada perawatan kulit mempertimbangkan kondisi kulit sesuai dengan usia dan lingkungan si pemakai .

  • Perawatan kulit pada bayi dan anak
    Kulit pada bayi dan anak belum berkembang dengan sempurna sehingga mudah lecet /iritasi dan infeksi. Perawatan yang dilakukan pada prinsipnya bertujuan untuk melindungi kulit serta menjaga kebersihannya.
  • Perawatan kulit usia remaja
    Perawatan-kulit-usia-remajaPada masa remaja kelenjar yang memproduksi hormon mulai aktif bekerja, sehingga kulit akan tumbuh sempurna. Namun pengaruh hormonal ini akan menyebabkan peningkatan produksi kelenjar sebasea (lemak) dan kelenjar keringat apokrin. Hal ini menyebabkan kulit dan rambut pada masa remaja lebih cepat kotor, mudah berjerawat dan mulai ada problem bau badan.
    Perawatan kulit pada usia remaja bertujuan untuk menjaga agar kulit tetap segar dan sehat. Untuk membersihkan kulit cukup dengan sabun saja . Seluruh tubuh termasuk muka dicuci menggunakan sabun 2 kali sehari . Setelah muka dicuci dengan sabun kemudian dibilas dengan air bersih selanjutnya gunakan penyegar.
    Penyegar berguna untuk membersihkan sisa sisa lemak dan kotoran yang menutupi pori pori. Mengingat banyak kegiatan remaja remaja yang dilakukan diluar rumah maka perlu penggunaan tabir surya.
  • Perawatan kulit usia dewasa muda
    Kondisi kulit pada periode ini (20-40 th) adalah kondisi puncak, namun apabila tanda tanda penuaan dini tak segera dikenali serta pemeliharaan kulit tidak diperhatikan sejak awal maka dengan cepat kondidsi kulit akan menurun.
    Kulit normal
    Gambaran kulit normal dalam kondisi sehat, cerah, tidak terlalu kering atau berminyak, elastis dan kadar air cukup.
    Perawatan kulit normal tidak banyak memerlukan hal hal yang khusus, hanya perlu perawatan rutin saja .
    1. Mencuci dengan air dan sabun 2 kali sehari
    2. Penyegar digunakan untuk memelihara kesegaran dan ketegangan kulit.
    3. Pelembab diperlukan untuk melindungi kulit terhadadap pengaruh luar yang merugikan misalnya cuaca dingin, ruangan ber AC, terpaan angin dll.
    4. Kosmetika rias /dekoratif sebaiknya digunakan sekedarnya saja, agar tampak cantik alami.
    Kulit berminyak
    Disamping faktor hormonal, cuaca, udara panas dan lembab, jenis makanan tertentu serta faktor stress dapat meningkatkan produksi minyak dikulit. Sehingga kulit mudah kotor dan mengkilap. Perawatan yang dilakukan adalah :
    1. Membersihkan kulit wajah menggunakan pembersih beberapa kali sehari dengan air hangat, sabun, pembersih yang mengandung alkohol (astringent, cleansing lotion) dan cleansing milk.
    2. Pelembab tidak diperlukan lagi karena kulit jenis ini menghasilkan lemak alami lebih dari cukup sehingga dapat menahan penguapan air dan menjaga kelembaban kulit.
    3. Pelindung/ tabir surya hanya dianjurkan sewaktu waktu bila harus terpajan sinar matahari misalnya dilapangan terbuka dalam waktu cukup lama. Sebaiknya dipilih tabir surya yang menggunakan bahan dasar cair /lotion atau gel.
    4. Penipisan
    Perlu dilakukan penipisan kulit secara teratur dengan menggunakan bahan yang bersifat mengelupaskan misalnya peeling powder, atau dengan spons, handuk kasar dipakai bersama cairan pembersih.
    5. Kosmetika rias
    Hindari pemakaian kosmetika rias yang berlebihan terutama yang menggunakan bahan dasar lemak dan bersifat menutup. Hal ini akan memacu timbulnya jerawat.
    Kulit kering
    Kekeringan kulit dapat terjadi pada orang orang tertentu yang secara genetik mempunyai kecenderungan kulit kering, tetapi dapat pula terjadi akibat penggunaan sabun yang berlebihan, pembersih yang terlalu kuat, lingkungan dengan kelembaban yang terlalu rendah. Prinsip perawatan kulit kering yaitu memepertahankan lemak kulit yang ada, menjaga kelembaban kulit dan sesedikit rnungkin menggunakan bahan iritan.
    1. Pembersih.
    Sebaiknya menggunakan pembersih dengan dasar minyak (Cleansing cream) yang dapat berfungsi sebagai pelapis lemak kulit. Hindari penggunaan pembersih yang banyak mengandunq alkohol.
    2. Pelembab
    Untuk menjaga agar kulit tidak bertambah kering dan cepat keriput maka dianjurkan menggunakan krim pelembab atau emolien secara teratur pada waktu siang sebagai alas bedak maupun malam sebagai krim malam.
    3. Pelindung /sun screen
    Digunakan tabir surya secara teratur setiap akan keluar rumah dan dipilih tabir surya dengan bahan dasar krim
    4. Penipisan
    Sewaktu waktu diperlukan untuk nengangkat sel mati dari permukaan kulit yang sering menyebabkan kulit tampak kusam dan kasar. Sebaiknya menggunakan peeling krim atau peeling powder yang dicampur dengan cleansing cream.
    5. Kosmetika rias
    Dianjurkan menggunakan kosmetika rias dalam bentuk krim . Untuk dasar rias digunakan foundation cream, cover foundation dll.
  • Perawatan kulit dewasa tua
    Kulit pada periode ini (40-60 th) mulai menampakkan tanda tanda penuaan baik karena proses alami maupun karena pengaruh lain misalnya sinar matahari dll.
    Perawatan yang dilakukan sejak usia muda secara teratur akan dinikmati pada masa periode ini dimana kulit masih tampak sehat dan segar. Sebaliknya bila pada waktu usia muda lalai maka pada periode ini lebih banyak permasalahannya. Biasanya perawatan kulit pada periode ini lebih banyak menyita waktu dan biaya. Perawatan pada periode ini bertujuan untuk menjaga dan mempertahankan agar kondisi kulit tetap baik dan menghambat proses penuaan. Umumnya pada periode ini kulit cenderung kering dan sensitive. Pembersih digunakan bahan yang non iritatatif misalnya sabun lunak dan tidak terlalu wangi. Hindari pembersih berkadar alkohol tinggi. Pemakaian pelembab yang intensif sangat dianjurkan . Penipisan kulit juga diperlukan berguna untuk menghilangkan sel sel mati yang menumpuk dipermukaan kulit dan penipisan kulit ini dapat dilakukan 2 minggu sekali. Pada periode ini juga perlu memperhatikan kesehatan badan secara umum sehingga perlu general check up secara periodik.
  • Perawatan kulit pada usia lanjut.
    Untuk mengatasi problema kulit yang timbul pada peride ini (60 th keatas) perlu dilakukan :
    – Perawatan /pemeliharan kulit menggunakan kosmetika
    – Perawatan menggunakan obat obatan secara medis dan tindakan medis. Perawatan kulit pada usia lanjut terutama ditujukan untuk :
    1. Mengatasi kekeringan kulit
    Cara perawatannya sama dengan perawatan kulit kering diatas
    Yaitu menghindari faktor faktor yang mempercepat timbulnya kekeringan kulit, mempertahankan kelembaban kulit serta melindungi kulit terhadap pengaruh luar yang dapat merusak kulit
    Kosmetika yang digunakan :
    – Pembersih menggunakan bahan dasar minyak (Clensing cream)
    – Pelembab mutlak diperlukan misalnya night cream, nourish cream, emollient cream dll
    – Tabir surya diperlukan untuk mengatasi pengaruh buruk sinar matahari
    – Kosmetika rias memegang peranan penting pada periode ini, pilih kosmetika yang mengandung unsur lemak sehingga dapat menutupi segala kekurangan /kelainan kulit yang timbul misalnya dengan cover foundation, compact powder dll.
    2. Mengatasi kulit kasar dan bersisik
    Untuk mengatasi hal ini digunakan krim yang mengandung AHA atau vitamin A asam
    3. Megatasi  keriput
    Untuk mengatasi hal ini dapat diberikan krim yang mengandung vitamin A asam atau bila kasus nya lebih berat dilakukan tidakan operatif ( face lift )
    4. Mengatasi kelainan kulit lainnya
    Misalnya rasa gatal (dermatitis ) atau infeksi kulit ( bakteri, jamur, virus dll ) diperlukan pengobatan medis yang sesuai. Seringkali ditemukan juga adanya tumor jinak kulit yang sering timbul, tentunya perlu tindakan yang sesual juga.

Kesimpulan dan saran
1. Dalam memilih dan menggunakan kosmetika janganlah hanya bertujuan untuk cantik saja tetapi diutamakan untuk kesehatan kulit, karena dari kulit yang sehat akan didapatkan wajah yang cantik sepanjang masa.
2. Diperlukan pengetahuan dasar tentang penggunaan kosmetika, mengenali kondisi kulit pribadi dan pengaruh lingkungan terhadap kult.
3. Jangan rnudah terpancing oleh promosi /iklan produk kosmetika karena masing masing orang mempunyai jenis dan kondisi yang berbeda sehingga kebutuhan akan kosmetika berbeda pula.

Oleh Dr. Magdalena Tan

Bagikan ke teman!
(Visited 114 times, 1 visits today)
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Previous post: