≡ Menu

Pengenalan Spa

PENGENALAN SPAKata SPA berasal dari bahasa Latin: Solus per Aqua, yang berarti Kesehatan melalui terapi Air. Selain itu kata SPA juga diambil dari nama sebuah desa di daerah pegunungan Belgia yang memiliki kolam air panas alami yang dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit yang diderita oleh penduduk sekitarnya, dengan cara berendam di kolam tersebut atau meminum airnya.

Sejak jaman dahulu kala, terapi air telah banyak digunakan oleh tabib-tabib yang berasal dari Romawi dan Yunani sebagai metoda perawatan kesehatan. Orang-orang Romawi kuno membangun kolam-kolam pemandian air panas alami untuk memanfaatkan khasiat mineral alami yang terkandung didalamnya bagi kesehataan. Di Indonesia budaya mandi sudah dikenal sejak lama, terbukti dengan adanya fasilitas Taman Sari di keraton-keraton Jawa. Kemudian, budaya mandi berendam ini semakin berkembang ke daerah perkotaan yang tentu saja tidak memiliki mata air panas alami. Karenanya, mereka lalu menambahkan minyak sari tumbuhan (minyak esensial) ke dalam bak mandi hangatnya untuk mendapatkan kandungan mineral yang mirip dengan yang terdapat pada kolam pemandian air panas alami.

Spa di perbagai belahan dunia kemudian mengalami perkembangan yang sedikit berbeda. Di Eropa, industri Spa menjadi sangat berkembang dan mulai dipercaya dapat membantu proses penyembuhan berbagai jenis penyakit. Di Jerman misalnya fasilitas Spa dimanfaatkan untuk melakukan proses Detoksifikasi, yaitu sistem perawatan kesehatan dengan cara berendam di air mineral, mandi uap dan puasa, -bertujuan untuk membuang racun-racun di dalam tubuh yang menyebabkan munculnya penyakit. Sementara di Amerika, Spa lebih di tujukan untuk rileksasi. Dan di Asia, kebanyakan fasilitas Spa memanfaatkan keindahan alam sekitarnya untuk menghilangkan stres dan mengembalikan kebugaran tubuh, juga untuk menikmati perawatan kecantikan tradisional yang telah diwariskan nenek moyang secara turun temurun.

Trend Spa Masa Kini

PENGENALAN SPA 2Gaya hidup moderen menyebabkan kita menghadapi berbagai macam masalah seperti pola makan yang tidak sehat, segala macam polusi (udara, suara, dll), beban dan kecepatan kerja yang meningkat sejalan dengan perkembangan teknologi, dan lain sebagainya yang menyebabkan beban stres menjadi meningkat. Hal-hal tadi menyebabkan penumpukan toxin (racun-racun) di dalam tubuh. Punumpukan toxin inilah yang lalu menimbulkan gejala seperti kelelahan, sakit kepala, sakit maag, problem kulit dan lain-lain.

Menyadari bahwa penyakit dapat timbul tidak saja karena disebabkan oleh virus atau bakteri kata “sehat” sekarang mempunyai arti yang lebih luas daripada hanya “tidak sakit”. Sehat berarti memiliki raga (fisik) yang sehat, juga memiliki pikiran dan jiwa yang sehat (Healthy Mind, Body and Soul)
Berdasarkan hal itu, kebanyakan fasilitas Spa kini menerapkan prinsip Holistic Therapy dalam pelayanannya. Holistic Therapy berarti perawatan kesehatan secara menyeluruh -mind, body and soul; mengembalikan keseimbangan kesehatan jiwa, raga dan pikiran seseorang. Karenanya Spa moderen kini tidak saja hanya menawarkan terapi air, tetapi juga perawatan lain seperti “Aromaterapi“, perawatan tubuh, perawatan wajah dan perawatan kecantikan, manajemen stres, yoga dan meditasi. Banyak diantaranya juga yang menggabungkan perawatan olah raga atau fitness, atau dengan program diet.

Apa Bedanya Spa dengan Salon Kecantikan?

Perbedaan yang utama adalah suasana yang ditimbulkan oleh kedua fasilitas tersebut. Tidak seperti salon kecantikan, Spa menawarkan pengalaman yang mengesankan selama Anda berada di area Spa, mulai sejak masuk reception sampai ketika membayar. Spa selalu berkesan alami, rapi, bersih, tenang dan bersifat melayani. Ketenangan dan kenyamanan pelanggan selalu menjadi prioritas nomor satu. Perawatan yang ditawarkan selalu menganut prinsip Holistic Therapy -merawat jiwa, raga dan pikiran Anda.

Selain itu, jenis perawatan yang ditawarkan juga berbeda. Spa, sesuai arti katanya, menawarkan terapi air (hydrotherapy) seperti: mandi rendam (bath), massage aromaterapi dll. Walaupun banyak salon kecantikan yang menawarkan massage treatment, tetapi seorang Therapist yang bekerja di Spa biasanva memiliki pengetahuan yang lebih mengenai anatomi dan fisiologi tubuh manusia, juga memiliki teknik massage yang sangat baik, disamping juga mengetahui manfaat penggunaan minyak sari tumbuhan (minyak esensial) dalam aromaterapi. ¦ sumber: maroonsolutions.com

Bagikan ke teman!
(Visited 255 times, 1 visits today)
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment