≡ Menu

Massage Aromaterapi

Massage AromaterapiMassage Aromaterapi adalah pijat yang menggunakan minyak esensial, berasal dari saripati tumbuhan.
Pijat ini dapat membantu meringankan ketidaknyamanan akibat sakit kepala, nyeri tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kondisi terkait stres seperti insomnia /susah tidur.

Massage Aromaterapi

Atau Pijat Aromaterapi paling tidak menawarkan 2 keuntungan sekaligus, yaitu aroma harum/ wangi yang mengelilingi Anda dan membuat tubuh Anda rileks di tengah jadwal yang padat. Pijat yang berhasil menghilangkan stres fisik dan mental sekaligus.
Dalam pemijatan, agar lebih encer, minyak esensial bisa dicampur dengan minyak jagung dengan perbandingan 3 tetes minyak esensial dicampur dengan 1 sendok teh minyak jagung. Minyak esensial harus dipilih yang tidak memberi reaksi pada kulit, sebab setiap kulit berbeda kondisinya.
Minyak esensial paling menguntungkan untuk pemijatan adalah kastoli, almond, cocoa butter, zaitun, palem, dan minyak kacang untuk kulit kering. Minyak wijen, bunga matahari, biji anggur, dan canola oil baik untuk kulit normal. Untuk kulit berminyak dapat menggunakan minyak kedelai atau minyak kacang-kacangan.
Pada bak mandi (bath tub)bisa dicampurkan 6-10 tetes minyak esensial. Ketika mandi usahakan untuk rileks.

Namun ada hal-hal tertentu yang perlu diperhatikan sebelum melakukan Pijat Aromaterapi ini. Orang dengan luka memar, infeksi kulit tidak boleh melakukan Pijat ini. Selain itu untuk wanita hamil harus dilakukan oleh terapis yang mengkhususkan diri dalam Pijat Kehamilan.

Aromaterapi

aromaterapiSedangkan aromaterapi merupakan sistem perawatan atau penyembuhan yang menggabungkan ilmu pengetahuan dan seni. Aromaterapi memberi sensasi pada memori tubuh, keuntungannya  adalah kesehatan, ketenangan, dan rileks.

Aromaterapi juga berhubungan langsung dengan sistem pernapasan. Rangsangan kecil dari berbagai wewangian yang dikeluarkan oleh minyak tumbuhan masuk ke bagian pernapasan, bergabung dengan jutaan sel reseptor di dalam sistem pernapasan, dan membawa rangsangan terhadap saraf yang langsung ditangkap oleh otak. Pada beberapa wanita, aromaterapi memberi efek, baik berupa perbaikan sistem kelenjar ovarium, maupun kelenjar seks yang memproduksi telur (ovum).
Selain aromanya yang memberi ketenangan, minyak esensial dari bunga-bungaan, herbal, dan saripati  tumbuhan juga memberi vitamin dan nutrisi kepada jaringan kulit. Selain itu, minyak esensial tumbuhan juga bisa memperbaiki atau meremajakan jaringan kulit. Cara melakukan aromaterapi bisa dengan penguapan, parfum, pijatan, atau dengan lilin yang disisipi aroma minyak esensial.

Beberapa jenis penyakit dan minyak esensial untuk aroma terapinya sebagai berikut :

  • Cemas : bergamot, cedarwood, jasmine, lemon, limepine, rosewood.
  • Lemah Syahwat : ginger, jasmine, rose, vanilla.
  • Kulit/ Kecantikan : chamomile, jasmine, rose.
  • Sedih : cedar, chamomile, lemon grass, marjoram, lavender, spearmint.
  • Depresi : sage, melissa, bergamot, geranium, jasmine, rose, lemon, lime.
  • Gembira : bergamot, lime, mandarin orange.
  • Nervous : neroli, orange, tangerine, lemon.
  • Tenang : chamomile, ginger, jasmine,lavender, lemon, rose.
  • Tidur : bergamot, chamomile, celery jasmine, lavender.
  • Stres : cedarwood pine, spruce pir.

by dokter-kecantikan.com

Bagikan ke teman!
(Visited 555 times, 1 visits today)
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment