≡ Menu

Cara Perawatan Kulit Yang Benar

Cara Perawatan Kulit Yang BenarSebelum kita membicarakan mengenai cara perawatan kulit, terlebih dahulu kita harus tahu kelainan kelainan yang sering timbul pada kulit kita.
Ada 2 faktor yang sangat berpengaruh terhadap kulit yaitu faktor lingkungan dan faktor individu itu sendiri.
Yang termasuk faktor lingkungan seperti : sinar matahari, polusi udara, modernisasi, jamur, serangga, kebiasaan dll. Sedangkan faktor individu seperti : kesehatannya, faktor keturunan dan jenis kulitnya.

Cara Perawatan Kulit Yang Benar

Adalah dengan cara membuat jadwal perawatan kulit sehari hari, mingguan dan bulanan. Juga kita harus mengetahui jenis kulit kita :

Jenis kulit terdiri dari 3 macam
1. Kulit Normal, 2. Kulit Berminyak, 3. Kulit Kering
Ada juga yang biasa kita sebut dengan kulit campuran yaitu cenderung ke berminyak atau kering. Masalah yang bisa ditimbulkan oleh jenis kulitpun berbeda.
Kulit Normal biasanya masalah yang dihadapi yaitu kulit kasar, lassitude (kelesuan wajah), pigmentasi dan jerawat.
Kulit Berminyak biasanya masalah yang dihadapi yaitu pori pori lebar dan jerawat, bisa juga menyebabkan kulit kasar dan kelesuan wajah.
Kulit Kering, masalah utamanya yaitu pigmentasi dan keriput, bisa juga kulit kasar dan kelesuan wajah.

Pengetahuan mengenai masalah kulit ini perlu diketahui agar dapat merawat dan memelihara kulit sejak dini, untuk mencegah timbulnya cacat di usia lebih lanjut.

Perawatan Kulit sehari hari :

1. Pembersihan, yang termasuk pembersihan adalah sabun, susu pembersih dan penyegar, masing masing mempunyai fungsi yang berbeda.
Cara Perawatan Kulit Yang Benar– Sabun adalah pembersih yang paling sering di gunakan, sabun yang baik adalah yang memiliki daya pembersihan yang baik dan tidak merusak kulit, gunakan sabun dengan PH yang sama dengan PH kulit (PH balance), karena PH yang terlalu tinggi menyebabkan kulit menjadi kering.
– Susu Pembersih perlu digunakan karena biasanya bahan make up terbuat dari bahan yang mengandung minyak sehingga menempel di kulit dan sukar dibersihkan dengan sabun. Sebaiknya setelah menggunakan susu pembersih, dibilas lagi dengan air hangat atau waslap basah agar sisa susu pembersih dapat terangkat dan akan terasa lebih bersih dan segar setelah itu.
– Penyegar digunakan untuk memelihara kesegaran dan melembabkan kulit.

2. Perlindungan  : Tujuannya adalah untuk melindungi kulit terhadap pengaruh dari luar/ lingkungan misalnya, sinar matahari dan polusi. Radiasi sinar matahari dengan sinar UV merupakan pengaruh yang paling dominan dan perlu mendapat perhatian khusus karena efek samping yang ditimbulkannya. Seperti pigmentasi, jerawat, penuaan dini, penebalan kulit dan kanker kulit. Oleh karena itu gunakanlah sunblock atau sunscreen sebagai pelindung.

Perawatan Kulit Mingguan

Gunakan masker 1 minggu 1 sekali untuk kulit kering dan 2 minggu sekali untuk kulit normal/ berminyak.

Perawatan Kulit Bulanan

Pengangkatan sel kulit mati dengan cara Facial Wajah sebaiknya dilakukan 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali untuk kulit yang sangat berminyak karena regenerasi kulit antara 14 s/d. 21 hari. ¦ dokter-kecantikan.com

Bagikan ke teman!
(Visited 288 times, 1 visits today)
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment